Menjalankan Bash Ubuntu di Windows 10

Kabarnya, kita akan bisa menjalankan native bash ubuntu di windows, artinya apa?, emm, terus terang saya juga masih berspekulasi karena belum bisa nyoba sendiri. Tapi dari screenshot-screenshotnya, kita bisa menjalankan perintah-perintah linux pada native windows, seperti sudo, apt-get, dan lain sebagainya. Hal ini tentu saja memudahkan kita dalam melakukan hal-hal yang biasanya hanya bisa dilakukan di linux misalnya debugging program, menjalankan command-command yang biasanya hanya untuk linux, sekarang bisa dijalankan di windows 10.

1_bash

Menjalankan perintah-perintah linux yang memang sangat powerful akan sangat membantu kita yang sudah terbiasa dengan console linux, misalnya perintah python, awk, bash, git, rm, vim dll. Bagi programmer yang sering berkutat dengan server, mungkin ini akan memudahkan.

2_bash

Sepertinya model bisnis microsoft dengan windows 10-nya akan pelan-pelan berubah seperti android. Yaitu dengan “menggratiskan” windows 10 tapi berjualan software dengan adanya windows store. Kita lihat saja nanti kelanjutannya.

Tinggalkan komentar