Fasilitas dan Usaha Sambilan untuk Menunjang Warnet

Banyak yang mengatakan usaha warnet saat ini sudah mulai redup. Dari pengalaman saya menjadi pengusaha warnet sejak tahun 2003-an, dibandingkan dengan masa lalu saat internet masih merupakan barang “mewah”, memang usaha warnet sendiri sudah turun pamor, dengan murahnya koneksi pribadi dan murahnya laptop.

Akan tetapi bukan berarti tidak ada peluang untuk mengembangkan warnet/gamecenter dengan menambah fasilitas dan usaha-usaha sambilan yang lain. Sebagai pengusaha, kita dituntut untuk jeli dalam mencari peluang untuk bertahan hidup dan beradaptasi dengan perubahan-perubahan yang terjadi saat ini.

Berikut ini saya tuliskan fasilitas penunjang warnet dan usaha sambilan yang mungkin bisa kita kembangkan:

Printer dan Scanner: ini mungkin fasilitas standar, tetapi karena printer merupakan barang yang gampang rusak/trouble, kadang kita tidak cepat tanggap. Saran saya, jangan biarkan printer/scanner dalam keadaan trouble, kalau perlu sediakan printer cadangan bila printer utama trouble, sebab mungkin banyak orang yg punya laptop dan komputer pribadi atau bahkan gadget, tapi kebutuhan akan printer yang jarang dan biasanya mendesak membuat banyak orang mencari tempat ngeprint di luar daripada beli printer sendiri. Demikian juga scanner.

Jualan pulsa : ini juga fasilitas sederhana tetapi cukup membantu pemasukan, sebab, banyak pelanggan warnet yang kadang perlu isi pulsa tetapi malas untuk keluar. Cari agen pulsa all in one, yang memiliki fasilitas transfer dana di ATM dan bisa di akses melalui messenger, misalkan yahoo messenger dan lain sebagainya.

Jualan Voucher Game : Ada banyak voucher game yang sekarang beredar, untuk voucher yang sering diminati oleh pemain, lebih baik beli langsung ke agennya, misalkan voucher gemschool, lyto dan megaxus, untuk voucher yang lainnya juga bisa dijadikan satu dengan agen voucher all in one misalkan gudangvoucher atau yang lainnya.

Jasa Pengetikan dan Terjemahan: Ini juga merupakan fasilitas tambahan yang mungkin juga standar, tetapi sering juga menambah pemasukan, biasanya merupakan tambahan bagi operator juga. Tips untuk jasa terjemahan ini, yaitu gunakan google translate 🙂 , karena saat ini mutu terjemahan dari google translate semakin baik, cuman memang masih perlu perbaikan sedikit-sedikit.

Jualan Flashdisk, Memory Card, Kertas, CD, Keyboard, Mouse dan aksesoris komputer lainnya.

Jasa Desain Grafis : Untuk keperluan-keperluan sederhana, misalkan buat undangan, banner sederhana dan lain sebagainya.

Mungkin masih banyak lagi usaha yang bisa dilakukan sebagai tambahan usaha warnet, tetapi saya pribadi belum pernah mencobanya misalkan jual tiket pesawat/hotel/kereta dll atau jualan voucher-voucher yang lainnya. Karena kelebihan usaha warnet adalah bisa numpang koneksi gratis.

Kunci sukses dalam usaha adalah mampu beradaptasi dengan kondisi saat ini serta perhitungan yang matang dan tidak terburu-buru dalam mengambil keputusan. Semoga tips diatas bisa menjadi pandangan dalam mengembangkan usaha warnet anda.

Tinggalkan komentar