Tantangan Bisnis Warnet dan Gamecenter Sekarang Ini

Diakui atau tidak mobile internet dan game sudah merupakan kebutuhan bagi masyarakat awam tidak hanya anak sekolah dan mahasiswa tetapi juga oleh masyarakat pada umumnya semakin banyak yang mengenal teknologi internet. Yang pada akhirnya pasti berpengaruh terhadap perkembangan warnet dan game center. Banyak orang yang meramalkan matinya warnet gara-gara menjamurnya internet murah dan internet yang diakses melalui mobile. Tetapi saya memiliki opini bahwa warnet dan gamecenter masih akan tetap bisa bertahan hidup atau malah berkembang jika kita para pengusaha warnet bisa mengatasi dan mensiasatinya.

Kelebihan Warnet dan Game Dibandingkan dengan Mobile Internet 

  • Untuk mengerjakan tugas, jelas komputer masih jauh lebih nyaman dibandingkan dengan smartphone yang paling mahal sekalipun.
  • Untuk melakukan print dan scanner, masih hanya bisa dilakukan melalui komputer
  • Internet diwarnet masih relatif lebih murah daripada internet mobile.
  • Untuk ngegame, biasanya para gamer perlu bersosialisasi, bahkan esensi dari gamecenter adalah ajang untuk bersosialisasi antar sesama gamer.
  • Game-game dengan grafik berat, kebanyakan hanya bisa dimainkan di komputer yang memiliki spesifikasi tinggi dibandingkan dengan laptop.

Kesimpulan

Asal bisa mensiasati, bisnis warnet dan gamecenter masih akan bisa bertahan atau bahkan bisa berkembang, karena kesadaran masyarakat tentang pentingnya internet juga ikut berkembang. Mobile internet dan game bukanlah merupakan saingan atau bahkan pengganti warnet dan gamecenter. Sebab, smartphone memiliki kelebihan dan kelemahan yang bisa diisi dengan adanya warnet dan gamecenter.

Iklan

5 pemikiran pada “Tantangan Bisnis Warnet dan Gamecenter Sekarang Ini

  1. opini anda bagus membandingkan warnet dengan kompi/laptop dirumah saya sangat setuju . . .

    untuk gamecenternya saya ingin tanya: bisa sebutkan nama2 game online yg beredar diindonesia?

  2. di indonesia ada 3 perusahaan besar yg merupakan distributor resmi game2 korea: lyto dengan raknorok, perfect world, cross fire dll, kemudian gamescool dengan lost saga, point blank, dragon nest dll, kemudian megaxus dengan ayodance, cs online dll.. tapi ada game yg disukai misalkan steam dengan dota 2, battlefield dll, dan game2 lain.. kadang game fb juga laku 🙂

  3. Adanya game online dan semakin banyak macam game online yang diuntungkan pihak distributor game online, pengusaha warnet dan tentu saja konsumen/pelanggan warnet dengan adanya aneka ragam game online. Hal ini membuat semakin banyak warnet dan game center tumbuh di Indonesia, tetapi di sisi lain dengan semakin murahnya internet dan internet bisa diakses melalui HP, smartphone, phablet, tablet, netbook, notebook dll dampaknya bisa membuat kelangsungan hidup warnet tidak bertahan lama. Pengusaha warnet dituntut lebih kreatif, inovatif dan ada nilai tambah, sehingga warnet bisa bertahan bahkan berkembang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s