Tips Ubuntu(2): Games di Ubuntu

Sudah lebih dari sebulan draft tulisan ini berada di dashboard wordpress, saya selalu ragu-ragu untuk meneruskan tulisan tentang games di ubuntu.Β  Saya akui, kelemahan ubuntu yang paling menonjol adalah kurangnya pilihan games-games yang populer.

Tetapi ada juga alasan lain kenapa draft ini tidak selesai-selesai saya buat. Karena saya keasyikan mencari dan mencoba games-games yang ada di ubuntu πŸ˜€ , bagi anda yang maniak games seperti saya, siap-siaplah untuk terkejut dengan banyaknya pilihan games yang ada diubuntu. Walaupun games-games tersebut relatif tidak populer, tetapi ternyata memiliki tingkat kesenangan yang tidak kalah dengan games-games komersial yang populer πŸ™‚ .

Saya akan mencoba dengan teratur mengupdate page ini jika saya temukan games yang menarik di ubuntu (jika sempat, karena saya takutnya keasyikan dengan ngegame sampai akhirnya lupa dengan blog ini he he eh πŸ˜€ ).


Game RTS (Real Time Strategy) : games yang mirip dengan warcraft, starcraft, age of empire dll.

Game Turn-Based Strategy : mirip dengan game heroes, civilization dll.

Β Game 1st Person Shooter : mirip dengan quake, counter strike, doom dll.

Daftar games diatas adalah games yang menurut saya bagus dan layak untuk dimainkan. Semua games tersebut free dan open source.

Link Games-Games UbuntuΒ 

Berikut ini adalah link-link jika anda mencari games-games lain yang jalan di ubuntu baik yang komersial ataupun yang free.

Kesimpulan

Ternyata games-games di ubuntu, tidak kalah menarik dengan yang ada di windows. Tetapi jika anda seorang gamer dan maniak dengan games, maka saya sarankan anda untuk beli konsol game πŸ™‚ seperti PS3, Wii dan lain sebagainya. πŸ™‚

Happy Gaming!

43 pemikiran pada “Tips Ubuntu(2): Games di Ubuntu

  1. Assalaamu’alaikum
    Thanks infonya mas, klo wesnoth dan Nexuiz saya udah tau sejak lama. Cuma penilaian untuk Nexuiz = “ga bagus”. :p Wesnoth boleh lah..

    Tetap semangat berubuntu!

  2. Games di Linux memang masalah… Alien Arena saya sudah coba! Lumayan, tapi kurang begitu bagus kalau dibandingkan dengan Quake. Tapi yah, Quake tidak free… Oh ya buat penggemar Doom, Doom versi shareware bisa dimainkan dengan lxdoom! Very nice!

    IMHO so far Windows Games masih menang sulit ditandingi (kecuali oleh console games)

  3. alowww…..salam kenal…….mas,mau tanya aq pengguna linux baru..aq menggunakan dual system….cara instal software di linux gmn ya?trus hp 520 ada driver untuk linux ga?terutama wireless.soalna aq ksulitan buat ngnet klo pke linux.:-)mohon bantuannya:-)neurologistcyber.wordpress.com

  4. Game RPGnya ada ga? hehehe. Maniak RPG nih.

    Anyway habis lulus kuliah gw mau ganti Linux nih, bos (sekarang lom isa, masih dituntut pake sotoshop dan after effect). Kira-kira program desain apa aja yang bisa dipakai di Ubuntu yah?

  5. @semua,
    Makasih masukannya ya.. memang game di ubuntu gak banyak, tapi untuk sekedar pelepas penat seharian kerja, cukup lah…

    btw, untuk diketahui, games2 di windows yang bagus juga harus beli, untuk game gratisnya gak banyak juga kok… πŸ™‚ , fair khan πŸ™‚

  6. Mas, sekalian jelasin cara nginstall nya
    supaya kita ga pusing2 lagi buat mainin
    gamenya….

    Jujur Aku adalah orang yg paling berminat ingin
    bermigrasi ke Linux tapi aku gak tau harus
    ngpain, aku butuh teman selakigus guru
    buat sharing tentang Linux….

    Klo dah selese, nanti cara nginstall nya
    bales via email Ku aja ya Mas…

    Salut buat orang2 yg mengerti Linux…

  7. mas .. untuk GLEST.. itu ko EXE sich, buat windows atau buat linux.. makasi ohya ada tutorial intalasi Wesnoth ga? biasanya kan urutannya ./configure, make, make install, ko ga bisa yach

  8. PokerTH, FrozenBubble buat santai.. game 3D yang biasa dimaenin di windows juga dapat berjalan dengan baik cobain PlayOn Linux.. numpang tinggain jejak mas.. sedikit share ubuntu coba check di http://dedypmi.wordpress.com tulisan masih dikit.. jarang ada waktu luang utk nulis.. tapi siapa tau berguna.. thanks mas.

Tinggalkan Balasan

