Tips Ubuntu(1) : Install Program Dibanyak Komputer

Seharian kemaren saya melakukan migrasi dari 7.04 ke 7.10, saya memutuskan untuk tidak melakukan upgrade distro, tetapi melakukan install ulang mulai dari awal. Kemudian saya mencari cara terefisien untuk melakukan instalasi program dibanyak komputer.

Saya menggunakan kombinasi synaptic dan aptoncd untuk melakukan update massal di banyak komputer. Untuk efisiensi, hanya satu komputer yang terhubung ke internet untuk download patch dan paket instalasi melalui repository. Saya menggunakan synaptic karena saya agak-agak paranoid dengan terminal :D, bagi anda yang suka menggunakan terminal, bisa melakukan hal ini dengan menggunakan command yang paling sakti sedunia yaitu “sudo apt-get” πŸ˜€

Komputer master ini berlaku sebagai komputer gerbang ke internet dan berisi segala macam update dan instalasi paket-paket. Sedangkan komputer klien, tidak terhubung kedalam internet, tetapi preferences synaptic package manager tertuju pada CD hasil dari kompilasi program2 yg terinstall di master. Beberapa aplikasi harus diinstall biasa, seperti flash player, adobe reader, opera dll. Tetapi kebanyakan program bisa langsung kita pilih dari menu synaptic.

Semoga tips diatas dapat membantu anda dalam melakukan instalasi ubuntu dibanyak komputer tanpa sering2 konek ke internet.

Saya akan menuliskan tips berikutnya setelah upgrade dan testing saya di ubuntu 7.10 selesai πŸ™‚ , silahkan didiskusikan dibawah jika keterangan saya ini ada yang tidak jelas. stay tune!

19 pemikiran pada “Tips Ubuntu(1) : Install Program Dibanyak Komputer

  1. Iya om, saya juga kurang jelas tuh. Bisa nggak lebih detil lagi? Yang musti ‘dikerjain’ di komputer master apa (plu command dunk :P) terus yang musti ‘dikerjain’ di komputer klien apa aja.

    Tolong ya om πŸ™‚

  2. @amri & sugeng,
    saya sebenarnya lagi mempersiapkan cara detailnya.. tapi karena akan banyak screenshotnya maka update akan saya bikin berkala πŸ™‚ , banyak screenshot karena saya sebisa mungkin tidak menggunakan terminal πŸ™‚

  3. iya mas gmana caranya……..saya ad 50 pc lebih kurang di kantor selama ini masih satu-satu dan di kerjain pas lg bukan jam kerja karna bisa terganggu, pc spesifikasinya macem2 dr p2, p3 AM sempron dengan memory 96, ad yg 128 dan paling paling 256, saya pengen bisa jalan semua dengan sekali install dan upgrade dr internet sedangkan yg lain(client) ngikut aj. gmana mas ? bisa email saya g ? dan kalo ad temen2 yg lain pemecahannya ??

  4. alternatif lain anda bisa mencoba system-imager Mas,
    siklus install-konfigurasi akan lebih mudah dan cepat,
    tanpa harus banyak menghabiskan waktu di depan
    komputer klien untuk melakukan instalasi dan konfigurasi.

    saya sendiri belum pernah mencoba, karena warnet di
    tempat saya menggunakan LTSP Xubuntu.
    solusi yang mirip dengan system-imager ini pernah
    saya terapkan di warnet teman menggunakan G4U.

  5. saya baru mengenal ubuntu, klo tingkatan sekolah saya baru mau daftar play group ….. πŸ˜‰
    kebetulan saya juga punya warnet, yang rencananya akan saya ganti dari os windows ke ubuntu, klo ada yang tau / punya tutorial tentang ubuntu dari instalasi sampai dengan konek ke internet bisa kirim ke n4n4_ni@yahoo.co.id
    atas bantuan senior ubuntu diucapkan terimakasi…

  6. Aku pengen banget bisa pake LINUX di kompi ku. Entah itu UBUNTU, Fedora ato lainnya. Btw, sulit sekali ya… Mungkin karena gag terbiasa pake Linux. Aku dah coba install UBUNTU 7.04. Tapi kok gag bisa pasang ato install yang lainnya ya. Gemana caranya ya? Aku juga pake modem FLASH Telkomsel ZTE. Gemana cara installnya ya? (Gaptek Banget)
    KAsih saran dan linknya donk.
    Bole juga kaya si @id
    minta tutorial tentang ubuntu dari instalasi sampai dengan konek ke internet mohon kirim ke kutawave@yahoo.co. id
    Tengkyu berat
    πŸ™‚

  7. Buat master-master yang di atas yang sudah mengomentari lebih dulu, mohon maaf atas kelancangan New Bie ini..

    1. kenapa pakai Windows dari Pada Ubuntu..??
    dimana-mana yang bayar itu dapat service lebih di bandingkan dengan
    yang gratis.. !!! Percaya ga ??

    2. ” Indonesia belum melek komputer ” artinya…. buat orang yang baru
    beli komputer taunya itu pake windows bukan linux.. ga percaya,
    coba aja ke harco mg dua pasti kalo beli komputer yah plus
    Windows LegOS ataw yang B$%#@$#@ja&2k

    3. Yang pake linux yang jam terbangnya sudah tinggi bro.. buat new bie yang bener-bener dari 0 ya pake Windows .. ( faktanya demikian ) jadi ga usah adu otot atau maki-maki orang gara-gara ga pake OS Ubuntu..

    catatan :
    – kalau saya pake bajakan iyah buat pribadi
    – Ubuntu juga iyah “Jaunty” dan Remix juga iyah.. buat kegiatan komersil, biar hasilnya lebih barokah.. dah…

Tinggalkan Balasan

