Berkontribusi untuk Umat Manusia di Waktu Luang

Let’s face it, we’re not changing the world. We’re building a product that helps people buy more crap – and watch porn. -Seagate, CEO, Bill Watkins

Seperti yang sudah kita ketahui, dengan adanya internet kita bisa melakukan sesuatu yang dulu hampir tidak pernah terpikirkan. Kita memiliki kesempatan untuk berkontribusi pada umat manusia dengan hanya bermodalkan komputer dan internet, serta sedikit waktu luang. Kolaborasi dan kontribusi yang kecil-pun turut diperhitungkan. Bahkan majalah time menobatkan anda -“You” sebagai person of the year 2006.

Pada tulisan ringan ini saya akan mencoba membagi apa yang biasa saya lakukan dengan sedikit waktu luang, komputer dan koneksi internet untuk berkontribusi. Sebenarnya, ada banyak sekali cara kita berkontribusi, tetapi saya membatasi apa yang telah saya lakukan saja, yaitu, berkontribusi di open source, wiki, distributed computing, blog, forum dan mailing list.

Dengan tulisan ini saya harapkan timbul pemikiran dan diskusi menarik tentang cara-cara alternatif yang mungkin terlewatkan.

Open Source

Dulu saya sering tidak habis pikir, dan berprasangka macam-macam tentang orang yang berkecimpung dan berkontribusi di komunitas opensource. Bagaimana mungkin program yang demikian bagus dan sempurna seperti ubuntu, openoffice, firefox dan lainnya, bisa gratis?, ah ini pasti ada “apa-apanya” :), atau, ah pasti ntar jatuhnya lebih mahal kalau kita sudah tergantung dengan software tersebut. Tetapi setelah saya melakukan pengamatan, ternyata orang-orang yang mengerjakan program-program tersebut merupakan kontribusi dari individu yang tersebar diseluruh dunia. Mereka memiliki visi yang kira-kira hampir sama yaitu semangat untuk membantu sesama. Sekarang saya jadi berkesimpulan bahwa semangat open source inilah semangat gotong royong yang sebenar-benarnya!.

Sebagai pemilik warnet saya merasa sangat diuntungkan dengan adanya open source ini, kadang saya berpikir, bagaimana cara saya berterima kasih kepada komunitas ini? atau minimal ikut berkontribusi walaupun tidak dalam bentuk uang. Apakah mungkin kita ikut dalam komunitas ini tanpa harus mengorbankan banyak waktu dan tenaga?. Setelah melakukan pengamatan dan penelitian yang asal-asalan (karena dikerjakan di waktu luang :)), saya menemukan beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk berkontribusi di komunitas ini dengan menggunakan waktu luang kita dan tidak kalah asyik dengan aktivitas lainnya.

Kontribusi yang pernah dan sedang saya lakukan antara lain :

  1. Ikut menerjemahkan kebahasa lokal program open source, untuk ubuntu ikuti panduannya disini.
  2. Melaporkan bug jika dengan tidak sengaja menemukannya.
  3. Membuat tutorial sederhana sesuai dengan kemampuan kita.
  4. Menyebarkan semangat open source ini kepada orang sekitar kita.
  5. Ikut memperbaiki program yang error, karena open source, kode program tersebut adalah terbuka dan bisa kita edit sesuai dengan keinginan kita, walaupun dibutuhkan skill khusus untuk ini.

Untuk point 5 diatas yaitu memperbaiki program, apalagi membuat program ini, terus terang saya belum pernah melakukannya πŸ˜€

Wiki

Bayangkan, jika suatu saat, semua ilmu pengetahuan didunia ini bisa diakses oleh siapa saja dengan bebas, maka bisa dipastikan kemajuan umat manusia bisa terwujud. Sekarang ini, proses itu sedang kita jalani. Dengan menggunakan akses internet dan alat kolaborasi yang dinamakan wiki, kita bisa melakukan sumbangan pengetahuan kepada dunia, sekecil apapun sumbangan itu, tetapi kalau ditotal maka akan menjadi sesuatu yang besar juga. Wiki adalah alat kolaborasi yang cukup handal, setelah kesuksesan wikipedia, ada banyak wiki-wiki yang lain yang dengan bebas kita bisa ikut berkontribusi didalamnya.

Cara yang biasa saya lakukan untuk berkontribusi di wiki ini adalah :

  1. Mengedit jika ditemukan salah ketik ( typo ), ejaan yang salah dan tidak baku dan sebagainya.
  2. Memperbaiki link yang sudah tidak jalan dengan cara menghapus atau memberikan alternatif link.
  3. Jika mengetahui terjadi perusakan halaman ( vandalisme ) maka dikembalikan ke artikel yang asli sebelumnya.
  4. Melengkapi artikel yang dirasa kurang lengkap.

Distributed Computing

Anda ingin ikut berkontribusi dalam menemukan obat kanker?, memetakan gen? atau mencari sinyal-sinyal dari makhluk ruang angkasa atau alien?. Anda bisa menyisihkan waktu idle komputer anda, untuk ikut menghitung hal tersebut.

Sebuah perhitungan yang komplek bisa dibagi-bagi dalam perhitungannya, dengan cara memecah data menjadi sebuah pecahan data yang kecil, kemudian data tersebut disebarkan untuk dihitung secara bersamaan. Perhitungan tersebut dinamakan Distributed computing. Secara teoritis yang rumit saya sendiri tidak memahami :), rumus perhitungan tersebut juga sudah dipersiapkan oleh programmer dan ilmuwan yang memang ahli dibidangnya. Kontribusi kita adalah ikut menyisihkan waktu idle komputer untuk menjalankan program tersebut. Dengan jutaan komputer yang menyebar di seluruh dunia, maka bisa dibayangkan tidak ada superkomputer yang mampu menyaingi kecepatan dan kehandalannya.

Daftar project distributed komputer bisa dilihat disini. Kemudian bisa anda tentukan mana yang paling menarik bagi anda untuk ikut berkontribusi. Saat ini saya menjalankan dua program distributed computing ini dikomputer saya yaitu :

  1. Folding@home, yang digunakan untuk memetakan lipatan protein yang nantinya diharapkan dapat dipahami dan implikasinya bisa ditemukan obat kanker, HIV dan penyakit-penyakit genetis lainnya.
  2. Seti@home, pencarian sinyal dari makhluk ruang angkasa, karena kebetulan saya suka dengan film fiksi ilmiah :), dan suka membayangkan jika suatu saat kita bisa kontak dengan mereka πŸ˜€

Blog

Blog adalah tempat anda untuk bebas berekspresi. Misalkan, anda punya resep masakan yang enak?, pengalaman yang menarik untuk dibagi?, cerita yang lucu untuk dibagi? atau rahasia turun-temurun yang ingin anda bagi dengan orang lain sehingga bisa mendapatkan manfaat?. Dengan blog anda bisa melakukan itu semua, saat inipun anda sedang membaca blog saya, tempat saya mengekspresikan rasa ketertarikan saya terhadap ubuntu dan keinginan untuk berbagi pengalaman dengan anda.

Ada banyak sekali situs blog gratis dan sangat mudah sekali penggunaannya, seperti wordpress yang sekarang ini saya gunakan, blogger dan lain sebagainya.

Forum dan Mailing list

Jika anda ingin bertemu dan berkenalan dengan orang yang memiliki kesukaan yang sama, berdiskusi tentang masalah-masalah yang anda hadapi. Membantu menjawab pertanyaan-pertanyaan yang kebetulan anda bisa. Anda bisa mengikuti forum yang sesuai dengan ketertarikan anda. Anda juga bisa mengikuti mailing-list yang tersedia di dua situs mailing-list terbesar yaitu yahoogroups dan googlegroups.

Kesimpulan

Selama ini kita sering mendengar dampak buruk dari internet, sebagai contoh : pornografi, cracking, carding, penipuan dan lain sebagainya. Tetapi dibalik itu semua, banyak nilai positif yang bisa kita ambil dari internet. Dengan berkontribusi kepada komunitas internet, sekecil apapun kontribusi tersebut, saya yakin dampak buruk internet bisa kita minimalisir.

Mudah-mudahan tulisan ringan ini bisa digunakan sebagai titik awal kita untuk ikut berkontribusi nyata terhadap kemajuan internet pada khususnya dan umat manusia pada umumnya.

Wassalam,

Iklan

13 pemikiran pada “Berkontribusi untuk Umat Manusia di Waktu Luang

  1. tidak harus 24 jam, cuman kalau komputer sering dipakai atau dimatiin perhitungannya ikut berhenti jadi benar2 tidak mengganggu aktivitas kita, oiya, konek ke internet juga tidak terus2an, hanya pada saat pengambilan data dan penyerahan data, tidak lebih dari 5 menit. animasi screensavernya juga keren2.. tapi sayangnya untuk screensaver ini hanya versi window$ :(,

  2. mas punya warnet pake ubuntu ya?

    itu bagaimana prospeknya bisnis warnet dengan linux, tidak ada masalah dengan pelanggan?

    dan kira2 sulit gak untuk membuat warnet dengan ubuntu?

    thnkz .. ^^

    salam kenal,

  3. @shige, iya saya punya warnet pake ubuntu semua, prospeknya cerah :D, kebanyakan orang ke warnet adalah untuk browsing, imel, chating, messenger, download semua itu tersedia di ubuntu :), membuat warnet dengan ubuntu sangat mudah malah, selama ini client tidak ada yg protes,
    FAQ dari client :
    ” Internet explorernya mana? ” jawab : pake firefox πŸ™‚
    ” ms wordnya ?” jawab : pake openoffice
    ” chating irc, YM ?” jawab : xchat, gaim
    ” kok window$nya beda ? ” jawab: ini bukan window$ tapi UBUNTU πŸ˜€
    dll..

  4. Ping balik: Ada Sekolah UBUNTU !! « WARNET UBUNTU

  5. wah bagus neh idenya. Daripada waktu luang dihabiskan untuk hal yg gak berguna, lebih baik melakukan hal-hal berguna seperti di atas.
    Aku udah pernah pake ubuntu live CD, dan emang udah user friendly banget. Tapi balik lagi ke win**** karena belum terbiasa dengan HTML Editornya.
    Kira2 untuk pengganti macromedia yang bagus apa ya di ubuntu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s