AptOnCD: Sahabat ADMIN Warnet

Masalah utama admin warnet biasanya adalah meng-install aplikasi yang sama pada banyak komputer. Setelah utak-atik dan mencari solusi yang paling efisien, saya menemukan dua cara, yaitu dengan menggunakan aplikasi AptOnCD dan cara yang kedua adalah membuat server repository. Pada tulisan ini, saya mencoba menerangkan penggunaan cara pertama yaitu penggunaan AptOnCD, saya harapkan ada feedback dari sesama admin warnet untuk alternatif yang lainnya :).

Aptoncd adalah tools GUI sederhana yang digunakan untuk membackup paket instalasi agar bisa kita bawa-bawa dan bisa ditambahkan kedalam repository. Sangat cocok sekali untuk admin yang memiliki banyak komputer tetapi memiliki koneksi yang terbatas atau tidak ada koneksi sama sekali. AptOnCD akan membackup semua paket yang sudah terinstall dikomputer master, karena paket tersebut tersimpan didirektori /var/cache/apt/archives.

Fitur
1. Menyimpan semua paket yang terdownload kedalam media ( ISO, CD, DVD).
2. Melakukan backup/restore paket yang terinstalasi melalui apt (synaptic, apt-get).
3. Menginstal program yang telah terinstal dikomputer master kedalam komputer lainnya.
4. Mengupgrade paket / software kedalam komputer lainnya tanpa mendownload lagi

Instalasi
Instalasinya mudah yaitu,

ketik pada terminal :
sudo apt-get install aptoncd

Untuk yang paranoid dg terminal (termasuk saya) :),
1. pada system -> administration -> synaptic package manager,
2. klik search dan masukkan “aptoncd”,
3. jika ketemu klik kanan, pilih mark for installation kemudian klik apply

Atau bisa juga paketnya didownload di sini

Penggunaan

Klik menu System -> Administration -> AptOnCD
1.png

Akan muncul pilihan tab yang berisi pilihan create dan restore
2.png

Pada gambar diatas ada tombol create AptOnCD, tombol ini digunakan untuk membuat backup paket-paket yang sudah kita instalasi melalui apt, kemudian :
3.png

Tunggu sampai selesai,
4.png

Pada gambar diatas ada pilihan-pilihan menu yang menarik yaitu, kita bisa menambahkan paket atau memilih paket mana saja yang kita tambahkan dalam paket cd atau iso ( yang nantinya bisa kita burn kedalam cd). Setelah itu klik ok untuk membuat paket.
5.png

Tunggu sampai pembuatan paket selesai :), selanjutnya :
7.png

Pada menu restore ada pilihan-pilihan yang bisa kita pakai untuk melakukan restorasi paket,
1. Restore AptOnCD, menyalin isi CD kedalam cache ( /var/cache/apt/archives )
2. Restore .iso Image, sama dg atas tetapi menggunakan file .iso
3. Add CD/DVD, digunakan untuk menambahkan pustaka repository

Pilihan yang ketiga ini yang sering saya pakai, sebab nantinya kita bisa menggunakan apt (apt-get, synaptic) untuk instalasinya.

Kesimpulan
Tools ini sangat membantu saya sebagai admin warnet untuk melakukan administrasi di banyak komputer, karena setelah kita membuat paket tersebut, tidak perlu lagi download dari internet.

23 pemikiran pada “AptOnCD: Sahabat ADMIN Warnet

  1. makasih yah informasi ini sangat berguna buat saya soalnya saya pake ubuntu 7.04 tapi masih standard belum di tambah aplikasi lain2 sedangkan saya ga punya koneksi ke internet. mau bawa cpu ke warnet ribet banget….makasih yah

  2. klo pake hdd external bisa repositorynya di tambahkan ( deb file:///media/externalhd/dir/ ./ )
    tutorial lanjutannya juga lagi aku susun.. misalkan hdd external, repository personal (flash disk) dll dll.. so stay tune ya.. :),

  3. Ping balik: Garis Kehidupan » Persiapan Migrasi dimulai

  4. mas muchlis, saya juga sudah coba apt-on cd
    wkt restore saya kelupaan langsung pakai synaptic, eh ternyata bisa.
    tentunya sources nya saya matiin semua, diganti dng cd
    habis itu tinggal klik New in repository, centang semua dan apply.

    salam,

  5. makasih yah informasi ini sangat berguna buat saya soalnya saya pake ubuntu 7.04 tapi masih standard belum di tambah aplikasi lain2 sedangkan saya ga punya koneksi ke internet. mau bawa cpu ke warnet ribet banget….makasih yah

    @lukman nur hakim:
    Pake DVD repositori Ubuntu saja bos, murah meriah bisa sampe mabok tuh install paket 4 DVD hahaha.

  6. terima kasih banget, saya udah mulai pusing untuk update masing-masing komputer, sekarang da dpt jalan keluar,… tapi belum say coba,..
    entar kalo udah saya coba saya kasih komentar lagi,…

    salam untuk semua

  7. wah… solusi asyik nih. tools peretrasi ubuntu yang baik nih. dengan modal 2 CD (Live CD) dan CD mini repo, kita bisa jualan jasa instalasi ubuntu dengan lebih mudah. oh iya, ada lagi ide nih, akan lebih membantu jika ada ubuntu on flashdisk, repo nya di MMC. keren tuh mas kalo bisa kayak gitu. judulnya: “ubuntu on my pocket” keren kan! aku mo buat paket kayak gitu. masih belajar utak-atik nih

  8. Mas, mau tanya nih dengan menggunakan aplikasi aptoncd apakah package2 yang dibackup itu, package2 yang yang baru diinstal + package2 yang udah default pada saat instalasi atau hanya package2 yang baru diinstal setelah menginstalasi Ubuntu (package2 default bawaan Ubuntu gak ikut dibackup)? Lalu apakah package2 yang dibackup dengan aptoncd di Linux Mint 9 bisa digunakan di Ubuntu 10.04? Mohon jawabannya!

  9. sore, maaf numpang tanya,,,, untuk optonCD nie, apakah hasilnya dapat digunakan berulang kali? karea saya udah buat tapi kug setelah dipakek 2kali udah gag kbaca ,,,,, ??? kira2 kenapa yha??? mkasih,,,, tak tungggu yha jawabannya……. ^_~

Tinggalkan Balasan

